Be bored but Brilliant : 30 Aktivitas #Antibosan saat Pandemi.



"Semoga cuma Corona saja ya penghalang pertemuan kita, bukan restu orang tua kita"
Cookies, 2020.

    Hai Juni. Wah, tidak terasa, sudah tiga bulan nih sejak kasus virus corona masuk ke Indonesia sejak bulan Maret 2020 lalu. Masih ingat kan karena pandemi ini, WHO menyarankan melakukan sosial dan physical distancing? Pemerintah Indonesia pun memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sejak April di Jakarta, dan disusul oleh kota-kota lainnya! Dampaknya? Sekolahan, kuliahan, tempat makan, bandara, dan...... tempat ibadah ditutup! #WFH deh, alias Work From House. Bahkan, teman-teman yang punya pasangan sedaerah, berasa LDR-an :") Sedangkan yang LDR-an, terasa semakin jauh, bahkan mengakhiri hubungannya </3
Nah, tempat yang diperbolehkan untuk dikunjungi menurut peraturan pemerintah yaitu tempat-tempat di sektor kesehatan (apotek), sektor pangan-makanan dan minuman, sektor energi (penyedia air dan listrik), penyedia kebutuhan keseharian (toko kelontong atau warung), dan delivery barang juga. Di kota Malang, contohnya, toko kelontong dan mall dibuka dengan batasan waktu, dan wajib banget menggunakan masker serta menggunakan alkohol yang sudah disediakan. Masing-masing orang juga harus sadar diri dengan mengisolasi diri di rumah, atau karantina diri, agar tidak menyebar dan menambah korban semakin banyak :").
    Selama tiga bulan, banyak hal sih yang disyukuri bahkan di-meso-in dengan PSBB ini, tapi, ambil hikmahnya aja ye kan? Semoga menjadi sebuah Kenangan Manis kalo kata Pamungkas untuk dibagikan di cerita masa depan, dan jadi punya waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan sebelumnya.
Nah, sebagai seorang yang introvert dan #RebahanTeam, tentu saja PSBB alias karantina diri sangat mengasyikkan dan disyukuri. Akan tetapi, kalau dilakukan setiap hari, siapa yang tidak bosan?
Oleh karena itu, saya merangkum 30 kegiatan hasil pengamatan saya pada teman-teman saya untuk mengusir rasa bosan dan yang saya lakukan. So, here we go!

1. Belajar masak!

    Semenjak apa-apa serba dirumah, banyak orang yang mendadak menjadi seorang Master Chef. Bahkan makanan yang biasa bisa diubah menjadi makanan luar biasa, seperti Indomie Carbonara, Gurame Asam Manis, Dalgona Coffee, Cake Dessert, dll. Memasak menjadi salah satu cara untuk melakukan penghematan (terlebih untuk anak kos) dan lebih menjamin kualitas makanan yang masuk kedalam tubuh. Referensi memasak yang mudah diikuti dapat dilihat dari berbagai macam sumber, seperti pada aplikasi resep masak (Cook Pad, Yummy, Tastemade, dll), akun sosial media (@yackikuka, @endeus.tv, dll), tiktok maupun channel youtube (Abu Tosca, Devina Hermawan, dll). Tidak apa-apa kan, apabila rasanya nggak karuan, yang penting sudah mencoba, dan jangan lupa untuk terus mencoba! Great job!^^

2. Main Tiktok!
    Masih ingat kan dulu Tiktok jadi salah satu aplikasi yang diblokir oleh Kominfo? Namun, kini siapa yang tidak kenal dengan aplikasi ini? Sekarang, banyak orang yang tertarik dengan aplikasi video musik singkat ini, yang menyediakan berbagai jenis opsi edit-edit yang mudah digunakan oleh penggunanya. Disini kita bisa menemukan konten-kontek menarik seperti tutorial masak, make up, love story, challange, berbagai tips, dll. Go, check it, and be an artist!
(
TikTok by TechInAsia)

3. Membaca Buku
    

    Suka membaca novel, namun padatnya jadwal sehingga menunda waktu membaca? Nah, ini waktunya untuk melahap habis ribuan kata-kata, baik dalam novel, buku RPAL maupun jurnal yang dapat menambah ilmu pengetahuan! Ingat, buku adalah jendela dunia, lho!

4. Have some quality family time!
  "Duh, males banget deh dirumah, disuruh dan dimarahin terus!", keluh seorang teman. Hmm.. Berbahagialah untuk kalian yang sedang bersama keluarga, banyak yang ingin pulang tapi tertahan si mas corona, lho. Yuk, jadikan kesempatan ini untuk mengenali anggota keluarga satu sama lain dengan melakukan berbagai kegiatan bersama seperti masak-masak, nonton, piknik di halaman rumah, mencari uban orang tua, membersihkan gudang, mencuci motor, atau sekedar membersihkan halaman rumah. Have fun with them, yaa.

5. Bercocok Tanam
    Punya tanaman di pekarangan tapi tidak terurus? So, this is time to fix them! Kalian bisa memperbaiki tanah dengan memberikan pupuk kompos dan menyiraminya serta menanam tanaman baru. Saya rekomendasikan akun instagram @kebunkumara dengan slogannya #SemuaBisaBerkebun, karena akun ini menjelaskan dengan rinci dasar-dasar bercocok tanam untuk pemula yang ingin belajar. Ada rekomendasi lagi?
(Kak Siti Soraya Cassandra, Pendiri Kebun Kumara)

6. Me Time
    Berbahagialah wahai kalian! Karena dengan perasaan baik ini dapat mendukung imunmu agar tetap kuat /aseq. Kalian bisa memanjakan diri dengan menggunakan face mask rutin, scrub wajah dan badan, masker rambut, pijat dan lain-lain. Take your time for yourself!

7. Be a Freelancer
      Apa kamu punya kemampuan dan bakat seperti jago design, programming, menggambar ilustrasi, bikin video atau animasi? Chukkae! Bakat yang dimiliki bisa dikonversi menjadi bentuk uang, lho :D Kalian hanya perlu membuat portofolio yang baik pada akun jaringan sosial berbasis bisnis seperti LinkedIn, yang akan membantu orang atau pebisnis untuk menemukan dan menyewa jasa kalian dengan mudah.

8. Meet new friend
   Beberapa aplikasi layanan sosial, seperti Tinder, Tandem, OmegleTV, dll, bisa kamu download nih. Memang awalnya beberapa aplikasi ini ditujukan sebagai aplikasi modern dating, tapi bisa banget di ambil sisi positifnya sebagai ajang mencari teman baru untuk berdiskusi. Banyak teman-teman saya yang mempelajari bahasa dan budaya baru, serta menjadi teman akrab lewat perkenalan di aplikasi-aplikasi ini, lho! Namun sekiranya tidak nyaman untuk melanjutkan perbincangan, jangan sungkan untuk mengatakannya dan mengakhirinya, ya!

9. Start a blog or vlog
   Memulai sesuatu bukanlah hal yang mudah, diperlukan niatan dan semangat dari diri sendiri. Meskipun terkadang, niat baik tersebut sering terhambat oleh rasa malas sehingga selalu ada penundaan......hingga tidak sama sekali. Namun, pada waktu ini boleh diisi dengan memulai hobi-hobi atau niatan yang tertunda, contohnya bagi yang suka menulis dapat direalisasikan dengan menulis blog, bagi yang suka bercerita dan sharing bisa membuat vlog atau podcast, dll. Dengan membuat konten-konten tersebut, otomatis kita akan mencari berbagai referensi yang memaksa kita untuk searching dan membaca. Menambah ilmu serta kemampuan juga bukan? 

10. Financial Planning
     Pemasukan selama pandemi mungkin menjadi tidak menentu, bahkan membuat dompet bergetar. Nah, hal ini mewajibkan kita untuk mengatur perencanaan keuangan (pemasukan dan pengeluaran!). Masa pandemi terasa sulit, sangat penting untuk hemat dan pilah pilih kebutuhan vs keinginan, sehingga harus sebisa mungkin meniadakan segala jenis utang, menabung untuk dana darurat (penting apabila tiba-tiba ada hal yang tidak diinginkan), serta memulai investasi untuk masa tua. Perlahan tapi pasti, ayo mulai memanajemen keuangan!

11. Mengikuti kompetisi
     Kegiatan ini asyik banget buat kamu yang gabisa diem, punya segudang inovasi dan kreatifitas, serta ingin nyantai-nyantai tapi punya prestasi. Kalian bisa mengikuti lomba apapun sesuai passions, seperti lomba karya tulis ilmiah maupun cipta puisi bagi kalian yang suka membaca dan menulis, challange make-up, dance dll.

12. Re-Decorate Room
     Bersih-bersih kamar sambil ngedekor jadi salah satu kegiatan yang seru banget! Setelah selesai membersihkan, kamar yang terlihat bersih ternyata menyimpan banyak debu dan kotoran didalamnya kan? Lihat deh hasil re-decorate kak Riesty, sungguh terlihat bersih, enak dipandang dan nyaman! Make yours!

13. Nonton Netflik, Iflix, Viu, dll
      Film dan drama korea memang lebih asyik dibandingkan drama di kehidupan nyata. Recommended banget nih buat cuci mata, pakein subtitle english ya sekalian belajar >< Oihya, buat yang mau nonton drakor gratisan bisa nonton di dramaqu.info, kissasian, ratudrakor, nodrama (i'll update if i get more).

14. Nonton video-video bermanfaat
      Selain menonton drama-drama uWu yang gak related dengan kehidupan sendiri, tontonan penambah ilmu pengetahuan wajib banget dimasukin watch-list biar kalian makin cerdas, seperti Nihongo Mantappu, TED Talks, Satu Persen, Kok Bisa, NatGeo, dll.

15. Cut or dye your hair
    Mengubah penampilan dengan memangkas atau mewarnai rambut menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan nih oleh teman-teman. Kegiatan yang sering dianggap sebagai gangguan mental seseorang ini menurut saya merupakan sebuah kegiatan mengekspresikan diri lewat warna maupun style. Don't mind about people say, just do whatever for your happiness, and be yourself.

16. Otak-Atik Sosial Media
    Pernah tahu gak sih, kalian bakalan dimintain akun sosial media kayak Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya saat mendaftarkan diri ikut beasiswa keluar negeri? Ternyata media sosial yang digunakan menjadi salah satu faktor peluang penerimaan beasiswa, lho. Aktivitas apapun yang dilakukan, seperti apa yang diposting atau siapa yang difollow dapat memberikan pengaruh positif maupun negatif untuk peluang kalian. Well, buat kalian yang ingin melanjutkan study, wajib banget memperbaiki feeds Instagram, menyeleksi siapa saja yang menjadi teman di Facebook atau postingan di Twitter~ Good luck.

17. Knowing youself
    It's not easy to knowing youself. Tanpa mengetahuinya, bisa saja kelebihan dan kekurangan diri menjadi boomerang untuk diri sendiri. Dengan mengetahui diri, diharapkan akan mampu mengetahui dan mengeksplorasi peluang berdasarkan potensi diri, melakukan perencanaan dan pengembangan diri untuk persiapan karir masa depan.
        Lalu, "what should i do?". Nah, kalian bisa merenungkan, merefleksikan dan mempelajari diri, atau menjawab pertanyaan yang disediakan secara Online, seperti test personality. Platform yang memudahkan penggunanya untuk mengenali diri adalah aplikasi Rencanamu, yang sangat saya anjurkan bagi lulusan SMA yang masih bingung dengan jurusan dimasa depan, dan memberikan kesempatan pada fresh graduated untuk mencari peluang kerja sesuai minat bakat. Ayo, kenali dirimu!

18. Learn new language
       Bahasa apa saja yang sudah kalian kuasai? Nah, mempelajari bahasa baru butuh waktu dan komitmen yang syuper dyuper tinggi. Kalian harus konsisten berlatih setiap hari dengan mendengarkan musik, banyak membaca dan menonton film, serta mempelajari budayanya, sehingga terbiasa dan lebih mudah dipelajari.


19. Workout!~
    Meskipun #diRumahAja, jangan lupa juga untuk olahraga dan makan makanan sehat, supaya sistem kekebalan tubuh tetap baik. Kalau bingung mau workout apa dan bagaimana, kalian bisa download aplikasi-aplikasi yang disediakan di Play/AppStore. Selain itu, aplikasi ini juga bagus untuk tracking olahraga kalian dan tetap konsisten menjalaninya.   

20. Mengikuti Seminar Online
    Biar tetap produktif, jangan lupa ikut seminar Online, atau yang biasa disebut dengan Webinar. Mekanisme webinar sendiri sama seperti seminar biasanya, hanya saja dilakukan secara digital (virtual). Biasanya webinar dilakukan selama kurang lebih 2 jam yang diisi oleh pembicara-pembicara kece. Pilih webinar sesuai minat (bisnis, pangan, akademik, politik, dll), dan pastikan kuota internetmu cukup ya, hehe.
(Source : Google)

21. Jualan Online
    Jualan online jadi pilihan yang banyak juga dikerjakan teman-teman, yang mana menjadi salah satu kesempatan mendapatkan uang hanya lewat genggaman. Kalian bisa menjadi reseller, dropshipper maupun produsen langsung. Jangan lupa survei pasar ya!

22. Panitia Webinar
    Nah, selain jadi peserta webinar, kalian bisa juga jadi team penyelenggara webinar, mencari tema, pemateri maupun peserta untuk acara kalian.

23. Online Shopping
    Yak, untuk kalian yang seneng belanja-belanja, aplikasi belanja sudah bertebaran menyediakan diskon serta voucer gratis ongkos kirim, seperti Shoppee, JD.ID, Lazada, dll. Jadi, jangan khawatir akan kesulitan memenuhi kebutuhan. Nah, di beberapa aplikasi, kalian juga bisa bercocok tanam secara online lho, yang dapat ditukarkan menjadi voucer belanja, barang atau saldo belanja. Jangan lupa isi m-banking dan check out belanjaan kalian~ Tetap membeli sesuai kebutuhan serta isi dompet yaa :D
(Shoppee tanam dapet jus jambu)

24. Magang Online
    Magang tidak hanya ditujukan untuk menambah nilai di kampus, tapi boleh untuk sekedar menambah pengalaman dan pengembangan diri. Kalian bisa cari dengan keyword : Internship Online Indonesia, contohnya GlassDoor.

25. Buat jadwal harian atau mingguan
     Jadwal harian atau mingguan dibuat agar kalian dapat memanage waktu dengan baik. Meskipun terasa libur, tapi harus tetap teratur ya~ Jangan lupa, be consistent!
(Contoh jadwal by @dimancy).

26. Face filter di Instagram
   Bye bosen dengan berbagai macam face filter Instagram, mulai dari mempercantik wajah, menjawab pertanyaan, what are you gonna bequiz dll. Jangan lupa save filter biar bisa digunakan berkali-kali :D
(Source : Google)

27. Up-to-date the world issues
        "Eh, lo tau gak sih? Si KD perang kata sama anaknya di Instagram?"
        "Guys, ternyata si Ruben ngeklaim merek jualan orang, tau!"
      Eits, salah Channel! Bukan berita begitu, bro! Melainkan berita terkini tentang bagaimana  perubahan dunia di tahun ini. Misalnya demo black live matter, kasus kematian gajah hamil, dll. Lebih up-to-date, kan? 

28. Main games
       Faktanya, waktu akan lebih cepat berlalu lebih cepat saat keasyikan main games! Mulai dari games Online ataupun offline rame-an, seperti monopoli, UNO, puzzle, catur, candy crush, worms zone, ML, PUBG, dll. Eits, jangan lupa untuk membuat hukuman untuk pemain yang kalah agar permainan lebih seru, contohnya coret dengan bedak atau spidol, hehe.

29. Covering lagu
      Buat kalian yang jago nyanyi, bisa banget covering lagu yang sedang tren, baik sendirian atau bersama teman-teman meskipun terhalang jarak.

30. Tidoor
   Terakhir, tidur! Tidur merupakan investasi kesehatan jangka panjang :"D Namun, disarankan tidur dengan cukup dan berkualitas di tempat yang baik (di kasur ya! bukan meja atau laptop sebagai bantal), agar lebih sehat dan lebih fokus menjalani aktivitas lainnya! ^^

-----------❤-----------

Well, semoga beberapa kegiatan saya dan teman-teman di blog ini dapat menjadi referensi kalian yang sudah #MatiGaya saat #diRumahAja.
Dan, jangan biarkan masa mudamu habis oleh kegiatan-kegiatan tidak berguna yaa.. Coz life ain't come twice#WasteTimeWisely!

Komentar

Posting Komentar